Monumen Nasional - Monas Di Jakarta - WISATA SURYA

Latest

Tempat wisata, Hotel, Kuliner informasi

Kamis, 18 Januari 2018

Monumen Nasional - Monas Di Jakarta

Monumen Nasional atau biasa disebut Monas merupakan icon kota Jakarta. Monas merupakan sebuah tugu yang mempunyai sejarah dan melambangkan semangat perjuangan, yang kini menjadi tempat wisata terkenal di kota Jakarta. Tugu Monas yang terletak di sentra kota Jakarta ini sangat menarik bagi warga Jakarta dan sekitarnya. Monas didirikan pada tahun 1959 dan diresmikan dua tahun kemudian pada tahun 1961. Monas selalu ramai dikunjungi wisatawan untuk melihat keindahan kota Jakarta dari puncak Monas, menambah wawasan sejarah Indonesia di ruang diorama ataupun menikmati segarnya hutan kota seluas kira-kira 80 hektar di tengah kota Jakarta.
Monumen Nasional - Monas

Kali ini saya akan membuatkan pengalaman selama mengunjungi tempat wisata di Jakarta, yaitu Monumen Nasional atau Monas

Monas mulai dibangun pada bulan agustus tahun 1959 di area seluas 80 hektar, diarsitekturi oleh Soedarsono dan Frederich Silaban, dengan konsultan Ir Rooseno. Monumen ini diresmikan pada tanggal 17 Agustus tahun 1961 oleh Presiden RI Ir. Soekarno dan resmi dibuka untuk umum pada tanggal 12 Juli 1975. Tugu monumen nasional atau yang lebih dikenal dengan Monas ini, merupakan salah satu monumen yang didirikan untuk mengenang perlawanan dan usaha rakyat pada masa revolusi kemerdekaan melawan penjajah Belanda. Monas dibangun untuk memberi ilham serta membangkitkan semangat patriotisme generasi ketika ini dan mendatang.
Taman kota di sekitar Monumen Nasional - Monas Jakarta

Letak, jalan masuk jalan atau rute menuju Monumen Nasional - Monas

Monumen Nasional atau Monas terletak di jalan medan merdeka , silang monas, Jakarta Pusat, yang sempurna berada di jantung kota Jakarta ini tidak pernah sepi pengunjung. Apalagi setiap tamat pekan, daerah taman ini tidak pernah ada sepinya. Khususnya, di hari ahad ratusan bahkan mungkin ribuan warga Jakarta dan pinggiran kota Jakarta tiba menyempatkan berwisata di taman lapang dan rimbun oleh pepohonan di setiap sudutnya.

Untuk mengunjungi Monas, ada banyak jenis trasnportasi yang sanggup kita gunakan. Jika Anda pengguna kereta api, Anda sanggup menentukan kereta yang berhenti di stasiun Gambir. Anda pun sanggup memakai akomodasi trasnportasi bus Trans Jakarta. Jika Anda memakai kendaraan pribadi, tersedia lapangan parkir khusus, atau Anda sanggup memarkir kendaraan di stasiun Gambir.
Tugu Monumen Nasional - Monas di Jakarta

Untuk sanggup masuk ke bangunan Monas, Anda sanggup melalui pintu masuk di sekitar patung Pangeran Diponegoro. Lalu Anda akan melalui lorong bawah tanah untuk masuk ke Monas, Anda pun sanggup melalui pintu masuk di pelataran Monas bab utara.

Keunikan dan keistimewaan Monumen Nasional - Monas

 Monumen Nasional atau biasa disebut Monas merupakan icon kota Jakarta Monumen Nasional - Monas di Jakarta

Monas dibangun setinggi 132 meter, monumen ini mempunyai bentuk yang unik pada tugunya, yakni sebuah watu obeliks yang terbuat dari marmer berbentuk lingga yoni (alu lumbung), tinggi pelataran cawan 17 meter dan ruang museum sejarah 8 meter. Luas pelataran berbentuk bujur kandang berukuran 45 meter persegi. Angka-angka ukuran tersebut diambil dari angka keramat proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia (17-8-1945)

Struktural bangunan Monumen Nasional -  Monas kalau diuraikan dari bab bawah ke atas sebagai berikut :
  • Di bab bawah Monas terdapat sebuah ruangan yang luas yaitu Museum Nasional. Tingginya yaitu 8 meter. Museum ini menampilkan sejarah usaha Bangsa Indonesia. Luas dari museum ini yaitu 80 x 80 meter. Pada keempat sisi museum terdapat 12 diorama (jendela peragaan) yang menampilkan sejarah Indonesia dari jaman kerajaan-kerajaan nenek moyang Bangsa Indonesia
  • Pelataran bawah luasnya 45 x 45 meter, tinggi dari dasar Monas ke pelataran bawah yaitu 17 meter. Di bab ini pengunjung sanggup melihat taman Monas yang merupakan hutan kota yang indah. Di tempat ini kita sanggup melihat betapa luasnya taman kota di sekitar area Monas ini.
Pelataran bawah Monumen Nasional - Monas
  • Pelataran puncak luasnya 11 x 11 meter, untuk mencapai pelataran puncak, pengunjung sanggup memakai lift dengan usang perjalanan sekitar 3 menit. Di sekeliling lift terdapat tangga darurat. Dari pelataran puncak Monas, pengunjung sanggup melihat keindahan kota Jakarta dengan hiasan gedung pencakar langitnya sanggup kita nikmati di area ini, bangunan Istana Negara, masjid Istiqlal dan gedung Bank Indonesia sanggup terlihat terang dari atas puncak Monas ini. Bahkan kalau udara cerah, pengunjung sanggup melihat gunung Salak di Jawa Barat. 
Di dalam pelataran puncak sanggup menikmati pemandangan kota Jakarta dari puncak Monas

Bangunan pencakar langit Jakarta dilihat dari puncak Monas

Bangunan istana negara terlihat dari puncak Monas

Masjid Istiqlal terlihat dari puncak Monas 
  • Tugu Monas mempunyai puncak yang terbuat dari perunggu dengan berat 14.5 ton dan tingginya mencapai 4 meter serta berdiameter 6 meter. Api ini mempunyai 77 bab dengan lapisan emas seberat 50 kg. Api kemerdekaan ini juga merupakan simbol dari usaha rakyat Indonesia yang tidak pernah padam.
Setiap hari libur, Monas selalu dikunjungi banyak wisatawan. Disini kita sanggup menikmati banyak jenis wisata yang berunsur pendidikan. Selain kita sanggup menaiki monumen yang menjulang tinggi hingga ke puncak Monas, kita juga sanggup berolah raga bersama sobat dan keluarga. Kita juga sanggup menikmati taman yang indah dengan banyak sekali pepohonan yang rimbun dan asri.
Puncak Monas dengan simbol api kemerdekaan

Harga tiket masuk dan akomodasi Monumen Nasional - Monas

Sewaktu saya berkunjung ke Monas ketika itu, berikut beberapa isu perihal wisata Monumen Nasional - Monas Jakarta :
  • Dibuka untuk kunjungan wisata setiap hari mulai pukul 08.00 s/d 16.00, kecuali setiap senin terakhir tiap bulan
  • Harga tiket masuk wisata ke cawan atau pelataran bawah Rp. 2.500,- /orang untuk remaja dan Rp. 1.000,- /orang untuk pelajar / mahasiswa
  • Harga tiket masuk wisata ke pelataran puncak Rp. 7.500,- /orang untuk remaja dan Rp. 3.500,- /orang untuk pelajar / mahasiswa
  • Harga sewa teropong Rp. 2.000,- /koin
Harga tiket masuk Monas yang kini sudah berubah nilainya

Seiring berjalannya waktu, proses penjualan tiket masuk ke Monas banyak mengalami perubahan, update terakhir yang saya dapat, para pengunjung nantinya akan memakai gelang yang terbagi dalam delapan warna. Masing-masing warna terbagi ke dalam delapan jam dengan rentang waktu selama satu jam. Nah, kalau Monas mulai dibuka pukul 08.00 hingga 16.00, berarti tugu Monas sanggup dikunjungi sesuai warna gelang yang berbeda dengan selisih waktu satu jam. Selain itu, sistem penjualan tiket juga akan berubah. Yaitu dengan satu tiket sanggup digunakan hingga puncak Monas. Makara penjual tiket tidak perlu bertanya apakah ke pelataran atau hanya hingga cawan, alasannya yaitu setiap pengunjung otomatis sanggup masuk dan naik ke puncak menyerupai tiket terusan seharga Rp. 15.000.

Dengan diberlakukan sistem gelang tersebut, pihak pengelolah Monas berharap sanggup mengurangi antrian pengunjung yang ingin berkunjung ke tugu Monas.

Saya sudah mencicipi ketinggian puncak Monumen Nasional - Monas ini, kini giliran Anda yang berkesempatan mencicipi keindahannya, selamat berlibur di Jakarta.
Aku dan Monumen Nasional - Monas
Gedung Bank Indonesia terlihat dari puncak Monas
Di dalam pelataran puncak Monas
Di pelataran bawah Monas
Bersepeda atau naik andong di sekitar Monumen Nasional - Monas
Tempat wisata di Jakarta, Monumen Nasional - Monas









Tidak ada komentar:

Posting Komentar