TEMPAT WISATA KULINER DI SEMARANG - WISATA SURYA

Latest

Tempat wisata, Hotel, Kuliner informasi

Rabu, 30 November 2016

TEMPAT WISATA KULINER DI SEMARANG

TEMPAT WISATA KULINER DI SEMARANG maka salah satu destinasi yang  dihentikan dilewatkan ialah Kota Semarang WISATA KULINER SEMARANG


Bicara perihal tempat kuliner, maka salah satu destinasi yang dihentikan dilewatkan ialah Kota Semarang. Tujuan wisata masakan Semarang mengatakan sajian masakan yang unik dan beragam. Keragaman masakan inilah yang menciptakan banyak kalangan penikmat perjalanan memasukkan Kota Semarang dalam daftar tujuan wisata mereka.
Memang akan selalu ada banyak cara bagi orang-orang dalam menyalurkan hobinya. Sebagai contoh, wisatawan yang hobi berkeliling Nusantara untuk mengunjungi membuatkan obyek wisata. Bahkan, tak jarang sebagian diantaranya mengeluarkan banyak uang untuk menjajal kuliner-kuliner di aneka macam penjuru tanah air.
Kuliner asli Semarang mempunyai ciri khas yang unik, terutama dalam hal citarasa. Bahan-bahan yang digunakan dalam pengolahan kulinernya pada umumnya menggunakan resep tradisional.
Ada satu hal yang menarik. Meskipun aneka macam hidangan masakan Semarang ini terbilang jarang dijumpai di daerah lainnya di Indonesia, namun harga yang ditawarkan tetap terjangkau oleh kantong. Hal ini pula yang turut menimbulkan aneka macam tempat wisata masakan di Semarang menjadi destinasi wisata yang berkesan, baik citarasa maupun harganya.

Tempat Wisata Kuliner di Semarang

Sebelum berkunjung ke Semarang, sebaiknya Anda telah mempersiapkan segala sesuatunya, termasuk daftar tempat wisata masakan di Semarang yang hendak dikunjungi. Untuk memudahkan Anda, berikut ini ialah sejumlah obyek wisata masakan paling terkenal di Semarang yang patut Anda ketahui.

1. Pesta Keboen

Rumah makan berdesain konsep tempo dulu sedang menjadi ekspresi dominan sampaumur ini, termasuk restoran yang satu ini. Pesta Keboen mengusung konsep resto bernuansa klasik dan dalam perjalanannya tak butuh waktu usang untuk menarik banyak kedatangan penikmat masakan di Semarang.
 maka salah satu destinasi yang  dihentikan dilewatkan ialah Kota Semarang WISATA KULINER SEMARANG
Resto Pesta Keboen di Semarang
Dari desain bangunannya, restoran Pesta Keboen menampilkan suasana vintage termasuk kepingan interiornya. Resto ini dibagi menjadi 2 area, yaitu indoor dan outdoor. Area indoor merupakan daerah non-smoking, sedangkan area outdoor ialah daerah bebas merokok. Di area outdoor ini, Anda sanggup menikmati hidangan kuliner sambil melihat pemandangan di luar resto. Jika menentukan kepingan indoor, Anda sanggup menyaksikan koleksi benda-benda antik di sana sembari menunggu hidangan pesanan datang.
Selain menyajikan hidangan khas Semarang dan hidangan tradisional Jawa Lainnya, Pesta Keboen juga dilengkapi wahana permainan bagi ank-anak. Pada hari-hari tertentu, pengunjung resto juga dihibur dengan pertunjukan live music.
Alamat Pesta Keboen: Jalan Veteran No. 29, Semarang

2. Bebek Goreng Pak Thori

Selain ayam goreng, sajian belibis goreng ialah pula hidangan masakan yang diminati. Jika kebetulan berkunjung ke Semarang, jangan lupa mampir di Bebek Goreng Pak Thori. Di Semarang, Bebek Goreng Pak Thori sangat terkenal. Beda dari tempat lainnya, belibis goreng di sini teksturnya lebih empuk, namun dagingnya tidak hancur. Rasanya lebih gurih dan tidak berbau bacin sama sekali.
 maka salah satu destinasi yang  dihentikan dilewatkan ialah Kota Semarang WISATA KULINER SEMARANG

Bebek Goreng Pak Thori di Semarang
Selain belibis goreng, rumah makan Bebek Goreng Pak Thori juga menyediakan hidangan lain, menyerupai ayam goreng, nasi goreng, dan lele goreng. Uniknya, Anda sanggup menentukan sambal lalapan sesuai selera Anda. Hanya saja, jangan hingga salah pilih sambal. Sambal warna merah untuk rasa pedas yang “sedang”, sedangkan sambal warna hijau untuk level pedas lebih tinggi. Jangan hingga terbalik menentukan sambal di sana.
Alamat Bebek Goreng Pak Thori: Jalan Raya Gunungpati KM. 15, Semarang

3. Soto Bangkong

Soto Bangkong termasuk salah satu masakan di Semarang yang unik dan terkenal dengan citarasanya yang khas. Varian soto di Semarang memang terbilang banyak, tetapi Soto Bangkong mempunyai karakteristik rasa yang berbeda. Soto Bangkong sudah terkenal semenjak tahun 1950. Dulu masakan khas Semarang ini hanya dijajakan dengan cara dipikul berkeliling sebelum jadinya mendiami satu tempat di Jalan Brigjen Katamso (dulu berjulukan Jalan Bangkong).
 maka salah satu destinasi yang  dihentikan dilewatkan ialah Kota Semarang WISATA KULINER SEMARANG
Soto Bangkong Semarang
Sepintas Soto Bangkong terlihat sederhana dengan perpaduan kuah, ayam suwir, bihun, dan irisan bawang. Namun, perpaduan bahan-bahan ini justru menghasilkan rasa yang luar biasa. Ada hidangan lain yang juga disajikan di tempat ini, yaitu Garang Asam dan Ayam Goreng.
Alamat Soto Bangkong: Jl. Brigjen Katamso (Jalan Bangkong) atau juga di Jl. Setia Budi No. 229 Srondol Semarang

Baca : Wisata Gunung Bromo, Sunset Paling Memikat Di Jawa Timur

4. Waroeng Semawis

Pasar Semawis atau lebih terkenal dengan sebutan Waroeng Semawis sejatinya ialah pasar malam yang populer, khususnya bagi warga Semarang. Waroeng Semawis yang terletak di Kawasan Pecinan – Semarang ini hanya pada buka malam hari (3 hari dalam seminggu, yaitu Jumat, Sabtu, dan Minggu). Selain menyajikan sajian kuliner khas Nusantara, salah satu tempat wisata masakan di Semarang ini juga menyediakan hidangan oriental dan kuliner Eropa.
 maka salah satu destinasi yang  dihentikan dilewatkan ialah Kota Semarang WISATA KULINER SEMARANG
Waroeng Semawis, salah satu daerah masakan di Semarang
Bagi pecinta kuliner, khususnya Anda yang beragama Islam, sebaiknya selektif dalam menentukan masakan yang ditawarkan di tempat ini. Hal ini disebabkan terdapat beberapa outlet yang juga mengatakan sajian berbahan daging babi. Selain menjadi tujuan mencari makanan, Waroeng Semawis ini juga menjadi lokasi strategis para penjual mainan anak-anak, pedagang pakaian, dan aksesosis.
Alamat Waroeng Semawis: Jalan Gang Warung No. 50, Semarang

5. Rumah Makan Kampung Laut

Dapat dikatakan bahwa Rumah Makan Kampung Laut ialah tempat wisata masakan yang lengkap. Selain sebagai rumah makan dengan aneka hidangan kuliner, tempat ini juga menyediakan kolam pemancingan. Tak hanya itu, rumah makan ini juga menyediakan arena khusus bermain bagi anak-anak. Terdapat sejumlah permainan, menyerupai ayunan, seluncuran, dan jungkat jungkit.
 maka salah satu destinasi yang  dihentikan dilewatkan ialah Kota Semarang WISATA KULINER SEMARANG
Rumah Makan Kampung Laut di Semarang
Rumah Makan Kampung Laut mengatakan sejumlah sajian sedap, menyerupai olahan seafood, ayam, dan iga sapi. Di tempat ini, Anda sanggup mendapat sensasi bersantap dengan menentukan tempat makan berupa saung-saung yang mengapung di kolam. Di saung-saung tersebut, para pengunjung umumnya menikmati pemandangan kolam dan suasana sekitarnya sembari bersantap.
Alamat Rumah Makan Kampung Laut: (Puri Maerokoco) Jalan Anjasmoro, Tawang Mas, Semarang

6. Bakmi Jawa Pak Gareng

Jika Anda mengunjungi tempat wisata masakan di Semarang yang satu ini, Anda akan dimanjakan dengan 2 pilihan bakmi yang lezat, yaitu Bakmi Masak Goreng dan Bakmi Masak Kuah. Bagi penggemar bakmi, tentu saja keduanya sama-sama lezat, terlebih bila dilengkapi dengan ayam suwir, telor, kol, dan sawi. Jika Anda kurang menukai bakmi, masih ada aneka sate yang siap mengisi perut yang keroncongan.
 maka salah satu destinasi yang  dihentikan dilewatkan ialah Kota Semarang WISATA KULINER SEMARANG
Bakmi Jawa Pak Gareng, cocok bagi penggemar bakmi
Bakmi Jawa Pak Gareng juga menyediakan masakan lain, yaitu Nasi Ruwet. Bila di Malang, sajian masakan ini sering disebut Nasi Mawut. Nasi Ruwet bersama-sama nasi goreng biasa, hanya saja kali ini dicampur dengan mie. Sebutan Nasi Ruwet mungkin diambil dari tampilan nasi goreng yang bercampur dengan mie tersebut. Di Bakmi Jawa Pak Gareng, semua kuliner dimasak dengan menggunakan materi bakar arang, bukan menggunakan kompor. Ini mungkin yang menciptakan citarasanya berbeda, lebih alami dan lezat.
Alamat Bakmi Jawa Pak Gareng: Jl. Wotgandul Dalam No. 173, Semarang

7. Mie Siang Kie

Meski sama-sama menggunakan materi dasar mie olahan, terdapat perbedaan antara Mie Siang Kie dan Bakmi Jawa Pak Gareng. Mie Siang Kie mengatakan mie pangsit dengan isi daging babi.
 maka salah satu destinasi yang  dihentikan dilewatkan ialah Kota Semarang WISATA KULINER SEMARANG
Mie Siang Kie di Semarang
Mie Siang Kie menyajikan rasa mie yang lezat. Perpaduan antara mie, ayam suwir, kuah kaldu, dan sawi rebus menghadirkan cita rasa unik, apalagi ditambah pangsit isi daging babi. Mau mencoba keunikan rasa Mie Siang Kie? Datang saja ke daerah Pecinan di Kota Semarang.
Alamat Mie Siang Kie: Jalan Gang Lombok (daerah Pecinan), Semarang

8. Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar

Dari namanya, terbayang hidangan yummy tempat wisata masakan Semarang yang satu ini. Keberadaan Gulai Kambing Bustamar Pak Sabar mengambarkan bahwa masakan yummy tidak hanya tersaji di restoran mewah, tetapi bahkan di warung tenda sekalipun Anda sanggup menemukan sajian masakan dengan level kenikmatan yang sama.
 maka salah satu destinasi yang  dihentikan dilewatkan ialah Kota Semarang WISATA KULINER SEMARANG
Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar di belakang Gereja Blenduk Semarang
Gulai kambing di tempat ini memang spesial. Jika kebanyakan gulai kambing dimasak dengan santan untuk mendapat kuah yang kental, Gulai Kambing Bustaman Pak sabar justru tidak menggunakan santan. Kelapa yang seharusnya dijadikan santan justru diparut, disangrai hingga kering dan ditumbuk hingga halus, kemudian dicampurkan dengan bumbu lainnya. Hasilnya sungguh luar biasa. Anda tidak akan mendapat kuah kental penuh lemak, melainkan kuah bening segar yang begitu lezat. Tempat makan ini buka setiap hari, mulai dari jam 8 pagi hingga jam 4 sore. Biasanya, puncak kedatangan pengunjung ada dikala jam makan siang.
Alamat Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar: di belakang Gereja Blenduk, daerah Kota Tua, Semarang

9. Angkringan Gaul Ampiran 3

Dari namanya yang menggunakan kata “gaul”, Angkringan Gaul Ampiran 3 ini memang didesain untuk segmen bawah umur muda. Seperti angkringan pada umumnya, Angkringan Gaul identik dengan sajian hidangan nasi kucing, sate, dan gorengan. Dari sisi harga juga tetap terjangkau.
 maka salah satu destinasi yang  dihentikan dilewatkan ialah Kota Semarang WISATA KULINER SEMARANG
Angkringan Gaul Ampiran 3, tempat masakan anak muda di Semarang
Tetapi, Angkringan Gaul Ampiran 3 bukanlah angkringan biasa. Salah satu destinasi masakan di Semarang ini juga menyediakan kanal akses Wi-Fi gratis bagi para pengunjungnya. Tak hanya itu, Angkringan Gaul juga menyajikan pertunjukan live music pada hari-hari tertentu. Konsep inilah yang menciptakan Angkringan Gaul Ampiran 3 tergolong jenis angkringan yang tak biasa.
Alamat Angkringan Gaul Ampiran 3: Jalan Durian Raya No. 29C, Semarang . Wisata kuliner semarang

10. Warung Asem-Asem Koh Liem

Tjuan wisata masakan di Semarang yang unik juga sanggup Anda temukan di Warung Asem-Asem Koh Liem. Rumah makan yang satu ini memang menyajikan hidangan sederhana, tetapi kelezatannya tidaklah sederhana. Menu masakan yang disajikan, contohnya Lontong Cap Gomeh, Kikil Lombok Ijo, Bandeng Sarden, dan lainnya. Ada satu hidangan andalan di tempat ini, yaitu asem-asem.
 maka salah satu destinasi yang  dihentikan dilewatkan ialah Kota Semarang WISATA KULINER SEMARANG
Warung Asem-Asem Koh Liem di Semarang
Kuliner asem-asem terbilang hampir menyerupai dengan Garang Asam, namun asem-asem menggunakan daging sapi yang dimasukkan dalam kuah asam elok segar. Asem-asem menggunakan adonan belimbing Wuluh dan ditambah potongan tomat. Inilah yang menciptakan rasanya cenderung asam manis. Bila Anda sedang mencari tempat santap siang di Semarang, maka Rumah Makan Asem-asem Koh Liem juga menjadi tempat yang patut dikunjungi.
Alamat Warung Asem-Asem Koh Liem: Jl. Karanganyar Blok C-4 No. 28, Semarang

11. Soto Kudus Mbak Lin

Inilah salah satu soto ayam yang paling nikmat di Semarang. Racikan soto Mbak Lin ini bersama-sama khas Kudus, namun penjualannya di Semarang. Secara umum, antara soto khas Semarang dan soto khas Kudus memang hampir sama. Perbedaan antar keduanya terletak pada kuah dan rasa. Soto Semarang umumnya mempunyai kuah yang cenderung bening, sedangkan Soto Kudus berkuah agak keruh kekuningan.
 maka salah satu destinasi yang  dihentikan dilewatkan ialah Kota Semarang WISATA KULINER SEMARANG
Soto Kudus Mbak Lin di Semarang
Soto Kudus Mbak Lin menyajikan soto ayam yang bersama dengan nasi atau lontong. Harga yang ditawarkan juga terbilang murah. Soto ini tambah nikmat bila dibarengi dengan kuliner lainnya, menyerupai sate ayam, sate telur puyuh, sate paru, perkedel, atau tempe goreng yang sanggup Anda pilih.
Alamat Soto Kudus Mbak Lin: Jl. Kimangunsarkoro No. 15, Semarang

12. Bandeng Juwana Elrina (Pandanaran)

Bandeng presto ialah jenis kuliner yang sanggup diperoleh di luar Kota Semarang. Hanya saja, bandeng presto (bandeng duri lunak) yang dijual di Bandeng Juwana Elrina ini mengatakan suguhan yang nikmat dan khas. Popularitas Bandeng Juwana Elrina sudah tak ajaib di indera pendengaran banyak wisatawan, juga merupakan salah satu tempat wisata masakan di Semarang yang terkenal.
 maka salah satu destinasi yang  dihentikan dilewatkan ialah Kota Semarang WISATA KULINER SEMARANG
Bandeng Juwana Elrina bagi pecinta kuliner bandeng preto di Semarang
Resto yang terletak di Jalan Pandanaran ini menyediakan aneka macam olahan bandeng, seprti sate bandeng, bakso bandeng, bandeng srani, gulai bandeng, tongseng bandeng, pepes bandeng, nasi bakar bandeng, nasi goreng bandeng, dan lain-lain. Semuanya dijual dengan harga yang terjangkau. Tempat masakan ini buka dari jam 7 pagi hingga 10 malam.
Alamat Bandeng Juwana Elrina: Jl. Pandanaran No. 57, Semarang

13. Kedai Beringin

Jika Anda mencari sebuah tempat makan yang nyaman dengan sajian kuliner yang yummy untuk santap makan, maka Kedai Beringin ialah salah satu yang disarankan. Sebagai salah satu tempat wisata masakan Semarang yang populer, kedai ini mengatakan Anda sajian nikmat dengan harga yang tidak mahal dengan konsep kedai keluarga yang nyaman.
 maka salah satu destinasi yang  dihentikan dilewatkan ialah Kota Semarang WISATA KULINER SEMARANG
Kedai Beringin di Semarang
Kedai Beringin selalu ramai di dikala simpulan pekan, oleh karenanya Anda sebaiknya tiba lebih awal biar tidak masuk dalam daftar antrian. Ruangan di kedai ini terbagi atas dua bagian, yaitu indoor dan outdoor. Bagian indoor didesain dengan suasana rumahan dan tanpa asap rokok. Sementara kepingan outdoor terbilang cocok bagi Anda yang ingin menikmati hidangan sambil bersantai ria dan tentu saja sanggup merokok.
Alamat Kedai Beringin: Jalan Imam Bonjol No. 114, Semarang

14. Lumpia Gang Lombok

Lumpia ialah kuliner semacam rollade, di dalamnya berisi rebung, telur dan daging ayam atau udang. Ada banyak penjual lumpia di kota Semarang. Tetapi generasi tertua yang menjual masakan khas Semarang ini berada di Jalan Gang Lombok. Lumpia Gang Lombok terkenal di seantero kota, juga terkenal di kalangan wisatawan.
 maka salah satu destinasi yang  dihentikan dilewatkan ialah Kota Semarang WISATA KULINER SEMARANG
Lumpia Gang Lombok, lumpia generasi tertua di Semarang
Lokasi kios lumpia ini terbilang erat dengan Klenteng Tay Kak Sie yang ialah pula klenteng tertua di kota Semarang. Tempat masakan ini buka setiap hari dari jam 8 pagi hingga 5 sore. Anda sanggup menemukan lumpia dalam 2 macam bentuk di sana , yaitu lumpia lembap dan lumpia goreng.
Alamat Lumpia Gang Lombok: Jalan Gang Lombok No. 11, Semarang, Jawa tengah

15. Gulai Kepala Ikan Pak Untung

Inilah salah satu tempat makan siang favorit di Semarang dengan masakan enak dan harga terjangkau. Menu unggulan di warung ini ialah gulai kepala ikan. Kuliner Semarang yang satu ini dimasak dengan aneka adonan rempah sehingga rasanya menjadi yummy dan menyegarkan, tanpa ada aroma bacin dari ikan. Umumnya gulai disajikan dengan taburan daun kemangi, cabe utuh, daun jeruk, dan potongan daun bawang. Tersedia beberapa pilihan ikan, menyerupai kepala kakap, nila, dan salmon.
 maka salah satu destinasi yang  dihentikan dilewatkan ialah Kota Semarang WISATA KULINER SEMARANG
Gulai Kepala Ikan Pak Untung di Semarang
Warung makan ini buka dari jam buka 10 pagi hingga jam 9 malam. Tidak hanya gulai dan sup kepala ikan saja, juga tersedia olahan kuliner yang dimasak rica-rica, asam manis, dan tauco.
Alamat Gulai Kepala Ikan Pak Untung: Jl. Siwalan No. 1 (belakang Bank Mayapada, Bangkong

16. Lekker Paimo

Kue lekker mungkin menyerupai dengan crepes yang banyak dijual mall-mall, terbuat dari adonan terigu, telor, gula dan air. Kue ini dibentuk dengan piringan logam yang didesain khusus biar sanggup diputar, kemudian dimasak dengan api besar selama kurang dari 5 menit. Di Semarang, camilan elok lekker yang dijual Lekker Paimo tersedia dalam banyak variasi isi, menyerupai tuna, sosis, keju parut kraft hingga keju leleh (Mozzarella ).
 maka salah satu destinasi yang  dihentikan dilewatkan ialah Kota Semarang WISATA KULINER SEMARANG
Lekker Paimo di Semarang, jajanan yang terkenal
Lekker Paimo berlokasi sempurna di depan Sekolah Menengan Atas Kolase Loyola, buka mulai dari jam 11 pagi hingga jam 5 sore.
Alamat Lekker Paimo: Jalan Karang Anyar No. 37, Semarang



17. Nasi Goreng Babat Pak Karmin

Jika Anda ingin bersantap nasi goreng di Semarang, mampirlah di Nasi Goreng Babat Pak Karmin. Anda akan mendapati suguhan nasi goreng dengan tebas gongsonya yang istimewa. Di tempat makan ini, terdapat aneka macam macam nasi goreng dengan aneka jenis babat. Harga nasi goreng tebas yang dijual juga terjangkau oleh kantong.
 maka salah satu destinasi yang  dihentikan dilewatkan ialah Kota Semarang WISATA KULINER SEMARANG
Nasi Goreng Babat Pak Karmin cabang Mberok
Nasi Goreng Babat Pak Karmin dirintis semenjak tahun 1954. Selama bertahun-tahun, tidak ada yang berubah dalam racikan dan citarasa nasi gorengnya.
Alamat Nasi Goreng Babat Pak Karmin: Jl. Pemuda (Samping Jembatan Mberok), Semarang

18. Toko Oen

Di Toko Oen, Anda sanggup menjumpai aneka macam macam es krim yang yummy dengan harga yang tak berbeda jauh di pasaran. Ada banyak kalangan penikmat perjalanan yang mengakui kelezatan dan citarasa es krim di tempat ini. Hal ini masuk akal mengingat resep pembuatannya diwariskan bebuyutan sehingga tetap mempertahankan rasa orisinil-nya. Dari sejarahnya, Toko Oen pertama kali didirikan pada 1922 di Yogyakarta Setelah itu, dibuka cabang Toko Oen di Semarang pada tanggal 16 April 1936 dan disusul cabang Toko Oen di Malang.
 maka salah satu destinasi yang  dihentikan dilewatkan ialah Kota Semarang WISATA KULINER SEMARANG
Toko Oen, salah satu tempat masakan es krim bernuansa retro di Semarang
Tidak hanya es krim, Toko Oen juga menyajikan aneka macam hidangan makanan. Anda sanggup menemukan steak dan huzarensla (salad ala Belanda) di tempat ini. Hal ini masuk akal mengingat Toko Oen dahulu ialah tempat makan orang-orang Belanda. Meski demikian, juga tersedia masakan Indonesia yang tak kalah disukai pengunjung, menyerupai masakan sate ayam dan nasi goreng spesial.
Alamat Toko Oen: Jalan Pemuda No. 52, Semarang

Buat anda yang lagi liburan di Semarang jangan lupa untuk singgah berwisata masakan di beberapa tempat tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar