20 Daerah Wisata Terindah Dan Terbaik Di Karanganyar Jawa Tengah - WISATA SURYA

Latest

Tempat wisata, Hotel, Kuliner informasi

Kamis, 22 September 2016

20 Daerah Wisata Terindah Dan Terbaik Di Karanganyar Jawa Tengah

20 Daerah Wisata Terindah Dan Terbaik Di Karanganyar Jawa Tengah - Sobat traveler, kali ini saya akan mengembangkan isu tempat wisata terindah dan terbaik di Karanganyar Jawa Tengah. Daftar dan rekomendasi objek wisata yang saya susun ini dilengkapi dengan nama, alamat, review singkat, gambar, dan juga harga tiket masuknya.

Tidak semua tempat rekreasi di Kabupaten Karanganyar dan sekitarnya saya masukkan ke dalam list ini. Saya hanya menentukan tempat wisata yang paling bagus, menarik, dan recommended untuk di kunjungi. Termasuk beberapa tempat gres yang ketika ini sedang hits dikalangan anak muda.

Sebagai sebuah wilayah yang erat dan berbatasan eksklusif dengan kota Solo atau Surakarta, mungkin banyak orang menyangka bahwa Karanganyar termasuk ke dalam wilayah Solo. Tak ayal, banyak sekali objek menarik yang ada disini menyerupai Grojogan Sewu Tawangmangu, alhasil terkenal sebagai belahan dari tempat wisata di Solo yang menarik untuk dikunjungi.

Padahal tidak demikian adanya, Karanganyar merupakan sebuah kabupaten di provinsi Jawa Tengah (read : Jateng). Sebelah barat Kabupaten Karanganyar terdiri atas dataran rendah, yakni lembah Bengawan Solo yang mengalir menuju ke utara.

Sedangkan sisi sebelah timur berupa pegunungan, yakni belahan sistem dari Gunung Lawu. Sebagian besar kawasan pegunungan ini masih tertutup hutan. Nah, belahan timur Karanganyar inilah yang mempunyai banyak tempat wisata indah dan bagus untuk dikunjungi. Kira-kira tempat wisata apa saja yang ada di Karanganyar Jawa Tengah ya? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

Daftar Tempat Wisata Terindah Dan Terbaik Di Karanganyar Jawa Tengah Yang Wajib Dikunjungi

1. Air Terjun Sedinding (Grojogan Sedinding)

tempat wisata terindah dan terbaik di Karanganyar Jawa Tengah 20 Tempat Wisata Terindah Dan Terbaik Di Karanganyar Jawa Tengah
Tempat wisata di Karanganyar Air Terjun Sedinding (Foto : IG @anggiparasit)
Ok guys, kita awali jelajah objek wisata terindah di Karanganyar dengan mengunjungi Air Terjun Sedinding. Mungkin kau masih absurd dengan tempat menarik yang satu ini bukan? Ya, sebab memang gerojokan ini termasuk tempat wisata gres di Karanganyar yang baru-baru ini lagi ngehits di sosial media (baca : medsos) menyerupai instagram.

Air Terjun Sedinding atau yang biasa disebut Grojogan Sedinding berada di tengah-tengah hutan. Jadi, hampir sudah sanggup dipastikan kalau suasananya sangat alami, sejuk, dan belum terjamah tentunya.

Lokasi sempurna gerojokan ini terletak di Desa Sekarang, Kelurahan Trengguli, Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar. Untuk mencapai gerojokan ini sebaiknya kau memakai kendaraan roda dua (Motor), sebab kanal jalan menuju kesini hanya sebatas satu kendaraan beroda empat saja.

Aktivitas utama disini tentu saja selfie alias foto, sebab tempatnya bagus banget guys. Rugi deh kalau sudah jauh-jauh menempuh perjalanan tidak mengabadikan moment disini. Harga tiket masuknya cukup murah, hanya sekitar Rp.3.000,- per orang. Untuk parkir motor sekitar Rp.2.000,-.

2. Candi Cetho

tempat wisata terindah dan terbaik di Karanganyar Jawa Tengah 20 Tempat Wisata Terindah Dan Terbaik Di Karanganyar Jawa Tengah
Tempat Wisata Terindah Di Karanganyar Candi Cetho (Foto : IG @desenese)
Tempat wisata terindah dan terbaik di Karangayar yang wajib dikunjungi berikutnya yakni Candi Cetho. Objek wisata candi ini terletak di lereng Gunung Lawu tepatnya di Dusun Cetho, Desa Gumeng, Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar.

Candi Cetho mempunyai panjang 190 m dan lebar 30 m dan berada pada ketinggian 1496 mdpl. Karena lokasinya di dataran tinggi, secara otomatis udara disini sangat sejuk dan segar, apalagi masih banyak pepohonan disekelilingnya.

Candi yang masih aktif dipakai untuk melaksanakan peribadatan umat Hindu ini mempunyai arsitektur yang sangat bagus dan indah untuk hunting foto. Banyak foto-foto para traveler di Candi Cetho yang sudah viral di kalangan netizen melalui instagram.

Pas banget ni guys buat tempat liburan simpulan pekan kau di Kabupaten Karanganyar. Oya, untuk harga tiket masuk Candi Cetho dibanderol sekitar Rp.7.000,- per orang. Namun harga sanggup berubah sewaktu-waktu ya!

3. Grojogan Sewu Tawangmangu




tempat wisata terindah dan terbaik di Karanganyar Jawa Tengah 20 Tempat Wisata Terindah Dan Terbaik Di Karanganyar Jawa Tengah
Tempat wisata terbaik di Karanganyar Grojogan Sewu Tawangmangu (Foto : via blog.reservasi.com)
Nah, kalau destinasi wisata yang satu ini tentu sudah banyak yang mengenalnya bukan? Siapa seh yang tak kenal dengan Grojogan Sewu Tawangmangu yang menjadi salah satu ikonnya tempat wisata di Jawa Tengah. Hampir setiap liburan, gerojokan ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan.

Air terjun di Karanganyar yang paling terkenal ini mempunyai ketinggian sekitar 80 meter. Bisa dibayangkan, bagaimana indahnya air yang jatuh dari ketinggian tersebut bukan? Betapa eksotis dan indah tentunya.

Lokasinya yang berada di ketinggian Tawangmangu, menciptakan udara disini terasa sejuk dan segar. Apalagi masih banyak pepohonan di sekitar. Oya, ketika kau memasuki tempat ini akan disambut oleh monyet atau monyet jinak. Makara harus hati-hati ya guys, jangan mengusili kera-kera tersebut.

Kamu tahu gak kenapa disebut Grojogan Sewu? Konon kabarnya, dinamakan Grojogan Sewu sebab lantaran debit gerojokan ini cukup besar, bahkan ketika demam isu kemarau pun tetap mengalir deras. Oleh sebab itu lah gerojokan ini diberi nama Gerojogan Sewu yang artinya Pancuran Seribu, atau ribuan air yang mengalir kebawah.

Namun, ada juga sumber yang menyatakan bahwa nama Gerojogan Sewu berasal dari Seribu Pecak, atau satuan jarak yang dipakai pada zaman dulu. Satu Pecak panjangnya sekitar satu telapak kaki orang dewasa. Makara apabila diukur ketinggian gerojokan tersebut sanggup lebih dari seribu Pecak.

Fasilitas di objek wisata ini sangat lengkap guys, ada waterpark mini untuk anak anak, tempat istirahat, warung makan yang menunjukkan masakan khas sate kelinci hingga bak renang. Namanya juga objek wisata unggulan jadi pengelolaannya yang harus profesional, ya gak guys? Hehe.

Untuk harga tiket masuknya sekitar Rp.18.000,- per orang. Untuk jam bukanya biasanya hingga pukul 16.00 WIB. Jadi, buat kau yang ingin menikmati gerojokan ini jangan hingga datangnya kesorean ya, lebih baik tiba pagi biar sanggup menikmati gerojokan lebih usang sambil foto-foto.


Baca :
12 Pantai Indah Dan Cantik Di Kebumen Yang Lagi Ngehits yang perlu anda ketahui

4. Air Terjun Jumog

tempat wisata terindah dan terbaik di Karanganyar Jawa Tengah 20 Tempat Wisata Terindah Dan Terbaik Di Karanganyar Jawa Tengah
Air Terjun Jumog (Foto : IG @polonekoplak)
Selain Grojogan Sewu Tawangmangu, ada satu lagi gerojokan indah di Karanganyar yang wajib kau datangi, yaitu Air Terjun Jumog. Memang, bila dilihat dari ketinggiannya hanya sekitar 30 meter, namun pesona keindahan alam yang dipancarkan sangat mengagumkan.

Bahkan, berdasarkan beberapa info, setiap pukul 10 pagi akan muncul pelangi disini. Bikin ingin tau bukan? Apalagi lingkungannya masih asri dan sejuk, pas buat menenangkan diri dari keramaian kota. Bahkan sebab keindahannya yang eksotis, Air Terjun Jumug pun dijuluki The Lost Paradise (surga yang hilang) oleh warga setempat.

Untuk hingga ke lokasi wisata alam ini, kau harus terlebih dahulu melewati 116 anak tangga lho guys, dan tentu saja bayar retribusinya dong. Harga tiket masuk Air Terjun Jumog tergolong murah meriah, hanya dibanderol sebesar Rp.5.000,- (harga sanggup berubah sewaktu-waktu).

Tak jauh dari lokasi air terjun, sekitar 500 meter kau juga sanggup mengunjungi Candi Sukuh. Jangan lupa bawa kamera dengan full baterai kalau kau liburan ke sini.

5. Bumi Perkemahan Camping Lawu Resort dan Hutan Pinus Sekipan

tempat wisata terindah dan terbaik di Karanganyar Jawa Tengah 20 Tempat Wisata Terindah Dan Terbaik Di Karanganyar Jawa Tengah
Hutan Pinus Sekipan (Foto : IG @danarsibolang)
Bagi kau yang suka camping atau kemah, jangan hingga melewatkan berkemah di Buper Camping Lawu Resort. Tempatnya benar-benar alami dan asyik banget guys. Lokasinya juga tak begitu jauh dari Grojogan Sewu, jadi kau sanggup sekalian berkunjung ke gerojokan ini.

Buper ini biasanya dipakai untuk camping oleh para pelajar, mahasiswa maupun dari kalangan lainnya. Udaranya yang sangat sejuk dan pemandangannya yang indah menimbulkan tempat ini selalu ramai dikunjungi.

Buper ini dikenal oleh masyarakat setempat dengan nama buper Sekipan. Untuk alamat lengkapanya yaitu Kalisoro, Tawangmangu, Karanganyar. Jika kau berkunjung kesini, jangan hingga melewatkan spot bagus hutan pinusnya.

Keindahan hutan pinus Sekipan ini sanggup dibilang tak kalah bagus dengan hutan pinus Mangunan yang telah tersohor sebagai ikon gres tempat wisata di Jogja. Banyak sekali anak muda yang mengunggah foto di instagram dengan latar hutan pinus Sekipan.

6. Telaga Madirda



7. Tahura Ngargoyoso

tempat wisata terindah dan terbaik di Karanganyar Jawa Tengah 20 Tempat Wisata Terindah Dan Terbaik Di Karanganyar Jawa Tengah
Tahura Ngargoyoso (Foto : IG @ferydwitanta)
Taman Hutan Raya atau Tahura Ngargoyoso merupakan tempat yang pas untuk melepaskan penat dari panas dan keramaian kota Solo. Udaranya yang sejuk dan suasananya yang hening alami, menciptakan tempat ini cocok untuk menenangkan diri.

Kamu juga sanggup menikmati beberapa objek wisata yang menarik di sekitar Tahura menyerupai candi Sukuh, gerojokan Parang Ijo, Kandang Rusa, dan situs Watu Bulus.Tak kalah bagus dengan Hutan Pinus Asri Bantul.

Ada juga sebuah taman dengan kanopi yang ditumbuhi oleh tumbuhan-tumbuhan hijau yang sanggup dipakai untuk santa-santai bersama keluarga atau sahabat. Untuk harga tiket masuknya cukup murah meriah kok, nyaman di kantong.

Oya, nama bergotong-royong Tahura Ngargoyoso yakni Taman Hutan Raya K.G.P.A.A. Mangkunagoro I. Lokasinya terletak di dusun Sukuh, desa Berjo, kecamatan Ngargoyoso, Karanganyar. Selain sebagai hutan wisata, Tahura di Ngargoyoso ini juga berfungsi untuk tempat penelitian.

8. Agrowisata Amanah

20 Tempat Wisata Yang Bagus Dan Menarik Di Klaten Jawa Tengah


13. Air Terjun Parang Ijo


Merapi Park Kaliurang, taman ini menyajikan aneka miniatur objek wisata di negara-negara dunia. Kamu sanggup menemukan miniatur Bukit Hollywood-nya Amerika, Tembok Besar China, Menara Eiffel dan gerbang Arch de Triomphe Perancis, Candi Borobudur Indonesia, Piramid dan Sphinx Mesir, maupun patung Merlion-nya Singapura.

Walaupun ukurannya tak sebesar ukuran aslinya, namun bangunan miniatur ini cukup bagus untuk dijadikan latar buat selfie atau narsis. Tak heran kalau taman ini dipenuhi para remaja dan anak muda yang hobby berfoto-foto. Harga tiket masuknya sekitar Rp.12.000,- per orang.

18. Astana Giribangun

tempat wisata terindah dan terbaik di Karanganyar Jawa Tengah 20 Tempat Wisata Terindah Dan Terbaik Di Karanganyar Jawa Tengah
Astana Giribangun (Foto : arisonang.wordpress.com)
Bagi kau yang suka wisata ziarah ke makam orang-orang terkenal, ada neh tempat menarik di Karanganyar yang harus kau kunjungi yaitu Astana Giribangun. Di tempat inilah Presiden Kedua Indonesia Soeharto dimakamkan.

Astana Giribangun merupakan komplek makam keluarga yang dibangun diatas sebuah bukit. Tempat pemakaman ini terletak di Desa Girilayu, Kecamatan Matesih, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Disini juga terdapat makam Ibu Tin Soeharto, istri beliau. Astana Giribangun sering dikunjungi oleh warga masyarakat yang ingin mengenang jasa-jasa dia dalam membangun Indonesia.

19. Wisata "Tubing" Goasari Ngargoyoso

tempat wisata terindah dan terbaik di Karanganyar Jawa Tengah 20 Tempat Wisata Terindah Dan Terbaik Di Karanganyar Jawa Tengah
Wisata "Tubing" Goasari Ngargoyoso (Foto : senatahadventure.blogspot.co.id)
Di Karanganyar Jawa Tengah ternyata ada wisata tubing yang tak kalah asik dan seru bila dibandingkan dengan tubing Goa Pindul di Gunung Kidul Jogja yang sudah tersohor. Kamu tahun apa itu river tubing bukan?

River Tubing atau biasa disingkat "tubing" merupakan acara wisata yang berupa menyusuri sungai dengan memakai ban. Peralatan yang dipakai sebagai standard keselamatan setara dengan rafting yaitu dengan memakai helm dan pelampung.

Kegiatan tubing di Karanganyar terletak di area Banyu Bening Arena yang berada di Desa Punthukrejo Kecamatan Ngargoyoso, Karanganyar. Selama kau menempuh jalur tubing ini, kau akan sanggup menikmati dinginnya air sungai jernih dan pemandangan disekitar sungai yang berupa bebatuan khas pegunungan serta mungkin pepohonan.

Bagi kau yang akan mencoba river tubing sebaiknya dilakukan secara rombongan biar lebih seru. Kamu sanggup mengajak teman, kolega, atau pun keluarga untuk menyusuri sungai disini. Untuk sekali trip harganya sekitar Rp.20.000,- (harga sanggup berubah sewaktu-waktu).

Di Banyu Bening Arena kau juga sanggup menikmati aneka permainan outdoor menyerupai bak renang, bola air, rumah pohon, taman bermain, dan aneka permainan lain yang tak kalah menantang. Bila kau lapar, tersedia juga resto dengan menu-menu pilihan, nama restonya yakni "Goasari Resto".

20. Goa Tlorong

tempat wisata terindah dan terbaik di Karanganyar Jawa Tengah 20 Tempat Wisata Terindah Dan Terbaik Di Karanganyar Jawa Tengah
Goa Tlorong (Foto : IG @syahid_abdurahman)
Goa Tlorong terletak di desa Lempong Kecamatan Jenawi, Karanganyar. Goa alami ini mempunyai ukuran verbal goa 2 m x 1,5 m. Udara yang sejuk dan pemandangan yang indah dengan latar Gunung Kembar menciptakan goa ini patut kau kunjungi.

Goa Tlorong mempunyai panjang sekitar 200 meter. Kondisi dalam goa yang masih gelap serta jalannya yang sempit tertutup dengan stalagtit, menimbulkan petualangan kau semakin seru. Petualangan itu terbayar dengan pemandangan di dalam goa yang begitu indah.

Jika kau memasuki goa ini sebaiknya membawa sandal yang anti selip sebab medannya disini terasa licin. Selama ini keberadaan goa belum tersentuh pengembangan potensi wisata di Karanganyar. Padahal kalau dikembangkan tentu akan semakin menarik minat wisatawan untuk berkunjung.

Demikianlah sederet 20 Daerah Wisata Terindah Dan Terbaik Di Karanganyar Jawa Tengah. Bagi kau yang punya isu lain perihal tempat wisata terindah dan terbaik di Karanganyar sanggup share melalui kolom komentar, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar