35 Kawasan Wisata Yang Paling Manis Dan Indah Di Kebumen Jawa Tengah - WISATA SURYA

Latest

Tempat wisata, Hotel, Kuliner informasi

Jumat, 19 Agustus 2016

35 Kawasan Wisata Yang Paling Manis Dan Indah Di Kebumen Jawa Tengah

35 Kawasan Wisata Yang Paling Manis Dan Indah Di Kebumen Jawa Tengah - Inilah daftar tempat wisata yang paling bagus dan indah di Kebumen Jawa Tengah. Lokasinya yang terletak di pesisir selatan Pulau Jawa, menciptakan Kabupaten Kebumen kaya akan wisata alam, air terjun, dan pantai yang cantik. Tak hanya itu, kota ini juga punya masakan yummy yang tak boleh dilewatkan begitu saja.

Pariwisata Kebumen mungkin belum sepopuler kota-kota lain di Jawa Tengah ibarat Semarang, Solo, maupun tetangganya Yogyakarta. Namun, siapa sangka bila ditelusuri ternyata ada banyak tempat wisata menarik di Kebumen dan sekitarnya yang belum banyak diketahui.

Nah, pada kesempatan kali ini akan menyebarkan info rekomendasi objek wisata di Kebumen dari mulai destinasi yang sudah terkenal, maupun tempat gres yang lagi hits dikalangan wisatawan dan media umum ibarat instagram atau facebook.

Daftar Tempat Wisata Yang Paling Bagus Dan Indah Di Kebumen Jawa Tengah

1. Curug Plumbon atau Curug Kali

tempat wisata yang paling bagus dan indah di Kebumen Jawa Tengah 35 Tempat Wisata Yang Paling Bagus Dan Indah Di Kebumen Jawa Tengah
Tempat Wisata Di Kebumen Curug Plumbon (Foto : @gunk96)
Kita awali review tempat wisata bagus di Kebumen dengan Curug Plumbon atau yang di kenal dengan Curug Kali. Perlu sobat ketahui curug itu artinya air terjun. Lokasi Curug Plumbon terletak antara Dusun Grigak dan Plumbon di Desa Plumbon, Kecamtan Karangsambung, Kebumen.

Air terjun terindah di Kebumen ini berada tidak jauh dari SD N 2 Plumbon atau sanggup dibilang curug ini berada tidak jauh dari jalan Raya Plumbon-Wadasmalang. Jaraknya dari kota Kebumen sekitar 16 km.

Nah, di sekitar SD N 2 Plumbon inilah nantinya pengunjung memarkir kendaraan yang kemudian dilanjutkan perjalanan dengan menyusuri sungai.

Curug Plumbon mempunyai ketinggian sekitar 15 meter. Walaupun tidak begitu tinggi, curug ini terkenal dengan kejernihan airnya yang siap memanjakan Anda dengan kesegaran dan kedamaian.

Keistimewaan lain yang dimiliki jeram ini yaitu bentuknya yang unik, cocok banget untuk foto-foto. Jangan lupa siapkan kamera full baterai kalau berkunjung ke sini. Rugi deh kalau hingga melewatkan tempat yang paling instagramable di Kebumen ini.

2. Pantai Menganti

tempat wisata yang paling bagus dan indah di Kebumen Jawa Tengah 35 Tempat Wisata Yang Paling Bagus Dan Indah Di Kebumen Jawa Tengah
Tempat wisata yang indah dan bagus di Kebumen Jawa Tengah Pantai Menganti (Foto : @raniayukusumadewi)
Inilah pantai terindah di Kebumen yang lagi ngehits belakangan ini, namanya Pantai Menganti. Objek wisata pantai ini relatif tersembunyi alasannya lokasinya memang dikelilingi bukit sehingga membuatnya seakan terhalang dari pandangan wisatawan.

Pantai Menganti terletak di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, sekitar 1,5 jam dari sentra kota Kebumen. Untuk jaraknya kurang lebih 35 Km dari Kota Gombong dan 42 Km dari Kota Kebumen.

Pantai Menganti rasanya pantas masuk dalam daftar pantai terindah di Kebumen. Pasir putih dengan pemandangan indah dari atas bukit menciptakan siapa saja akan terpesona. Dengan dikelilingi perbukitan dan tebing nan hijau, pantai Menganti ini jadi tampak ibarat panorama di Selandia Baru (New Zealand).

Sebenarnya lokasi pantai ini hanya sekitar 7 kilometer dari Pantai Logending atau Pantai Ayah namun tak banyak wisatawan yang mau tiba ke pantai ini. Alasannya yaitu terusan menuju pantai ini tidak mengecewakan cukup sulit. Kamu harus melewati jalanan yang terjal sebelum hingga ke lokasi.

Namun, itu dongeng masa lalu, ketika ini terusan menuju ke sana mulai diperbaiki dan jalan pun sudah diaspal mulus. Hanya saja rute tetap berliku-liku dan sempit. Lokasinya yang masih relatif sepi cocok buat Anda dan keluarga bersantai seharian di pantai.

Ada banyak acara yang sanggup kau lakukan disini selain menikmati pemandangan yang eksotis. Kamu sanggup berkunjung ke Tebing Bidadari, Menara Mercusuar, dan Tanjung Karangbata yang berada di sekitar pantai.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Menganti terbilang cukup lengkap. Disini sudah tersedia warung makan, tempat parkir, home stay, villa, mushola, dan mck. Kamu juga sanggup menikmati makanan bahari hasil tangkapan nelayan setempat.

3. Pantai Gebyuran

tempat wisata yang paling bagus dan indah di Kebumen Jawa Tengah 35 Tempat Wisata Yang Paling Bagus Dan Indah Di Kebumen Jawa Tengah
Pantai Gebyuran Kebumen (Foto : @danifozyl)
Masih berada di Kecamatan Ayah, lebih tepatnya di desa Pasir ada sebuah pantai mungil yang wajib kau kunjungi. Pantai ini berjulukan Pantai Gebyuran yang terletak di sebelah barat Tanjung Karang Penganten atau sekitar 800 meter tenggara Pantai Pasir.

Pesisir pantainya memang tak terlalu luas dengan ukuran tidak lebih dari 100 meter. Ditambah lokasinya yang terjepit menciptakan pantai ini belum banyak terjamah oleh para wisatawan. Pantai ini mempunyai pemandangan yang indah dengan ombak yang lebih landai karena banyak karang yang menjadi pemecah ombak alami di tengah laut.

Karena masih tergolong sepi, kau akan mencicipi sensasi di pantai pribadi. Dengan tebing-tebing kerikil yang tinggi menciptakan Pantai Gebyuran semakin pas untuk menenangkan diri.

Oya, di sekitar objek wisata ini terdapat ceruk kecil yang ibarat goa. Mungkin kau sanggup berteduh di balik ceruk ini. Pantai Gebyuran juga terkenal dengan pesona senja yang sangat cantik.

4. Curug Kedondong atau Curug Gunungsari

tempat wisata yang paling bagus dan indah di Kebumen Jawa Tengah 35 Tempat Wisata Yang Paling Bagus Dan Indah Di Kebumen Jawa Tengah
Curug Kedondong (Foto : @saefulawr)
Curug Kedondong merupakan tempat wisata di Kebumen yang wajib dikunjungi bagi kau pecinta air terjun. Mengapa demikian? Karena curug yang mempunyai ketinggian 23 meter ini unik dan indah. Air disini turun merayap pelan diantara tebing bebatuan.

Selain itu, tempat wisata alam di Kebumen ini masih jarang dikunjungi sehingga nuansa alaminya sanggup banget. Kamu sanggup mendapat spot foto yang keren disini dengan latar jeram dan bebatuan. Hasil jepretan kau di tempat ini akan semakin menciptakan instagrammu makin ngehits.

Lokasi Curug Kedondong atau yang sering disebut Curug Gunungsari ini berada di Desa Gunungsari Kecamatan Karanggayam, Kebumen. Jarak jeram ini sekitar 26 km dari kota Kebumen. Setelah hingga di desa (pemukiman warga) kau masih harus berjalan sekitar 450 meter menuju lokasi.

Karena curug ini belum resmi dikelola menjadi objek wisata, jadi belum ada terusan masuk maupun fasilitas. Anda tak akan menemukan kolam untuk berendam di bawah curug anggun ini. Jadi, kalau memang kau mau mengunjungi curug ini sebaiknya membawa bekal makanan dan minuman dari rumah.

5. Goa Jatijajar

tempat wisata yang paling bagus dan indah di Kebumen Jawa Tengah 35 Tempat Wisata Yang Paling Bagus Dan Indah Di Kebumen Jawa Tengah
Goa Jatijajar (Foto : wikimedia.org)
Nah, kalau objek wisata yang satu ini pastinya sobat traveler sudah pada tahu bukan? Ya, Gua Jatijajar yaitu salah satu tempat wisata di Kebumen yang paling terkenal. Bahkan konon kabarnya, keindahan goa ini sudah sangat terkenal dikalangan wisatawan mancanegara lho.

Lokasi Goa Jatijajar terletak di desa Jatijajar, Kecamatan Ayah. Jadi, bila kau berkunjung kesini sanggup sekalian mampir ke Pantai Ayah. Jarak dari Kota Kebumen sekitar 45 km.

Gua ini cukup luas dengan panjang dari pintu masuk hingga pintu keluar sekitar 250 meter. Gua Jatijajar mempunyai keunikan berupa adanya 4 sungai atau sendang yang mengalir di dalam gua. Sendang-sendang tersebut berjulukan Puser Bumi, Jombor, Mawar dan Kantil.

Dari pintu masuk gua pengunjung akan menemui jembatan untuk menuju ruang pertama yang cukup luas. Tidak usang kemudian kau akan hingga di sungai bawah tanah. Di sini kau sanggup melihat Sendang Mawar dan Sendang Kantil.

Fasilitas pendukung di dalam gua sanggup dibilang lengkap dengan adanya tangga dan pegangan untuk pengunjung semoga tidak kepleset. Ada juga lampu jelas beraneka warna yang menciptakan gradasi warna dinding gua makin cantik.

Kira-kira berapa ya harga tiket masuk Goa Jatijajar ini? Harga tiketnya murah meriah kok, hanya sekitar Rp.7.000,- untuk orang remaja dan Rp.4.000,- untuk anak-anak.

Baca Juga : 10 Kuliner Enak Khas Kebumen Yang Terkenal Dan Wajib Dicoba

6. Benteng Van Der Wijck

tempat wisata yang paling bagus dan indah di Kebumen Jawa Tengah 35 Tempat Wisata Yang Paling Bagus Dan Indah Di Kebumen Jawa Tengah
Benteng Van Der Wijck (Foto : kebumenkab.go.id)
Kalau kau orang Kebumen, tentu tak akan abnormal dengan objek wisata yang bagus ini. Ya, Benteng Van Der Wijck memang termasuk tempat wisata yang terkenal di Kebumen dan sekitarnya. Dari hari ke hari benteng ini semakin terkenal saja, apa lagi pernah dipakai untuk syuting film The Raid 2 (Kalau gak salah ya guys, hehe).

Benteng Van der Wijck terletak di Kecamatan Gombong, kurang lebih jaraknya sekitar 35 km dari kota Kebumen. Benteng berwarna merah ini terlihat mencolok dibanding bangunan kuno di sekelilingnya.

Konon kabarnya, benteng peninggalan Belanda ini pernah menjadi tembok pertahanan terakhir kompeni kala melawan pasukan Pangeran Diponegoro di tahun 1818.

Benteng Van Der Wijck mempunyai multi fungsi lho guys. Selain sebagai tempat berguru sejarah ada pula taman bermain bawah umur dan kereta wisata di atas benteng. Di dalam benteng juga terdapat banyak sekali foto-foto wacana sejarah benteng tersebut. Kamu juga sanggup melihat tank-tank Belanda yang berada di depan benteng.

Sebagian kompleks benteng ketika ini dijadikan Sekolah Calon Tamtama dan barak militer Tentara Nasional Indonesia AD. Sementara bab lainnya dimanfaatkan sebagai obyek wisata, lengkap dengan taman bermain dan kereta mini.

Harga tiket masuk Benteng Benteng Van Der Wijck dibanderol dengan harga sekitar Rp. 25.000,-. Harga ini merupakan tiket terusan untuk menikmati waterpark (kolam renang) dan kereta wisata.

7. Pantai Ayah atau Pantai Logending


tempat wisata gres di Kulon Progo Jogja yang lagi ngehits banget dikalangan netizen. Nah, Bukit Pentulu Indah (baca : Bukit PI) ini juga memperlihatkan keindahan yang sama dengan Kalibiru.

Di Bukit PI desa Karangsambung ini terdapat menara pandang yang dibangun di atas pohon untuk menyaksikan keindahan alam berupa Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing serta mentari pagi yang anggun menawan. Pantas rasanya memasukkan Bukit PI kedalam list tempat wisata yang indah di Kebumen.

Bukit ini sanggup ditempuh dengan berkendara dari sentra kota Kebumen sejauh sekitar 21 km ke arah utara. Pemandangan indah yang disuguhkan dari Bukit PI ini berasal dari daerah purba Cagar Geologi Karangsambung. Jangan lupa untuk mengabadikan keindahan alam yang tiada duanya ini dengan lensa kameramu.

11. Curug Wringin

tempat wisata yang paling bagus dan indah di Kebumen Jawa Tengah 35 Tempat Wisata Yang Paling Bagus Dan Indah Di Kebumen Jawa Tengah
Curug Wringin (Foto : @baihaqi.krw)
Bagi kau yang suka banget sama acara cliff jumping, gak perlu deh jauh-jauh pergi ke Blue Lagoon, Nusa Ceningan, Bali. Datang saja Curug Wringin yang terletak di Desa Pujotirto, Kecamatan Karangsambung, Kebumen, Jawa Tengah. Dari desai ini kau cukup trekking sekitar 30-45 menit saja.

Air terjun Curug Wringin ini merupakan tempat wisata yang bagus di Kebumen untuk cliff jumping. Recommended deh, hehe. Lokasinya tersembunyi di antara kebun warga setempat dan konon kabarnya belum banyak dikunjungi wisatawan.

Selain yummy buat cliff jumping, kolam di curug ini juga cocok sekali untuk berenang alasannya luasnya yang mencapai sekitar 6 meter. Namun, bagi kau yang gak andal berenang, sangat tidak disarankan menjeburkan diri disini. Hal ini alasannya kedalaman kolam sanggup mencapai sekitar 4-6 meter.

12. Curug Silangit

tempat wisata yang paling bagus dan indah di Kebumen Jawa Tengah 35 Tempat Wisata Yang Paling Bagus Dan Indah Di Kebumen Jawa Tengah
Curug Silangit (Foto : explorekebumen.com)
Masih seputar air terjun, ada neh curug indah di Kebumen yang tak boleh kau lewatkan begitu saja. Namanya Curug Silangit. Jangan tertipu dengan namanya ya guys, meskipun dipanggil Silangit tapi curug ini tak begitu tinggi.

Curug Silangit ini memperlihatkan keindahan air kolamnya yang jernih dan segar. Lokasi curug ini terletak di desa Sidoagung, Kecamatan Sruweng. Untuk menuju lokasi jeram kau harus trekking dulu selama 30-45 menitan. Rasa lelahmu akan terbayar begitu hingga di Curug Silangit.

13. Curug Sawangan & Goa Sawangan

tempat wisata yang paling bagus dan indah di Kebumen Jawa Tengah 35 Tempat Wisata Yang Paling Bagus Dan Indah Di Kebumen Jawa Tengah
Curug Sawangan (Foto @auliafusi23)
Kedua objek wisata di Kebumen yang bagus dan indah ini sengaja saya jadikan satu ulasan alasannya lokasinya sama-sama berada di Desa Karangduwur atau Desa Argopeni, Kecamatan Ayah. Jadi, sekali berkunjung kau akan sanggup menjumpai 2 tempat wisata sekaligus.

 Air terjun Curug Sawangan ini konon kabarnya disebut sebagai jeram tertinggi di Kebumen. Jalan yang dipakai untuk menuju lokasi curug ini sudah dilengkapi dengan jalan setapak dan anak tangga.

Kalau kau sudah berada di Jalan Raya Ayah – Karangbolong di Desa Argopeni, berarti kau tinggal jalan kurang dari 1 km untuk mencapai lokasi curug. Dari curug ini kau akan sanggup melihat pemandangan Samudera Hindia yang luas sepanjang mata memandang.

tempat wisata yang paling bagus dan indah di Kebumen Jawa Tengah 35 Tempat Wisata Yang Paling Bagus Dan Indah Di Kebumen Jawa Tengah
Goa Sawangan  (Foto : @vic_hidayat)
Selain Curug yang indah, di daerah desa Karangduwur ini kau juga sanggup menemukan Gua Sawangan yang terkenal dengan pesona stalakmit dan stalaktitnya. Gua ini juga terkenal dengan air sungai bawah tanahnya yang melimpah ruah.

Ujung Gua Sawangan memperlihatkan keindahan pemandangan Samudera Hindia, teluk biru, dan perbukitan karst dengan savana yang sangat eksotis.


Baca :
Inilah Upside Down World Jogja, Daerah Serba Terbalik Yang Akan Menciptakan Instagram Kau Makin Ngehits

14. Pantai & Goa Karangbolong

tempat wisata yang paling bagus dan indah di Kebumen Jawa Tengah 35 Tempat Wisata Yang Paling Bagus Dan Indah Di Kebumen Jawa Tengah
Pantai Karangbolong Kebumen (Foto : @prasasti.winnar)
Pantai dan Goa Karangbolong sangat terkenal di Kebumen, bahkan denger-denger logo Simbol gambar walet di logo Pemkab Kebumen juga tak lepas dari keberadaan ribuan walet di Karangbolong ini.

Sesuai dengan namanya di pantai ini terdapat karang berlubang ibarat gua yang ikonik. Dalam bahasa jawa "berlubang" artinya "bolong". Karangbolong artinya karang yang berlubang. Mungkin ibarat itu asal mula nama Pantai Karangbolong dan Gua Karangbolong.

Pantai Karang Bolong terletak di Desa Karangbolong, Kecamatan Buayan. Pantai ini memperlihatkan pemandangan ganasnya ombak pantai selatan, spot hunting foto dengan latar belakang karang yang berlubang, dan sanggup menjadi tempat bersantai dan bermain air di pantai.

objek wisata Klaten yang berjulukan Warung Apung Rowo Jombor. Namun, kelebihan restoran ini yaitu telah mempunyai banyak sekali kemudahan yang memadai untuk dijadikan tempat liburan bersama keluarga, pasangan (baca : istri) atau pun teman-teman.

Beberapa kemudahan yang dimiliki Jembangan Wisata Alam antara lain kebun hewan mini, arena bermain air ibarat sepeda air dan restoran terapung yang punya view fotogenik ibarat di Eropa. Untuk kesini, Anda hanya membutuhkan waktu sekitar 45 menit dari sentra kota Kebumen dengan memakai kendaraan bermotor.

19. Pantai Bopong

tempat wisata yang paling bagus dan indah di Kebumen Jawa Tengah 35 Tempat Wisata Yang Paling Bagus Dan Indah Di Kebumen Jawa Tengah
Pantai Bopong (Foto : instagram)
Rekomendasi tempat wisata bagus dan indah di Kebumen berikutnya yaitu Pantai Bopong yang terletak di kecamatan Puring. Pantai ini mempunyai laguna alami yang keren buat dijadikan objek foto maupun untuk berenang. Keberadaan laguna ini belum banyak diketahui oleh wisatawan yang berkunjung ke Pantai Bopong.

Ketika kau berkunjung ke pantai ini, coba deh berjalan ke arah sebelah timur Pantai Bopong hingga menemui daerah yang dilalui anutan sungai. Nah anutan sungai meliuk-liuk inilah yang kemudian membentuk semacam kedung berisi air jernih yang disebut sebagai laguna.

20. Hutan Mangrove Logending

tempat wisata yang paling bagus dan indah di Kebumen Jawa Tengah 35 Tempat Wisata Yang Paling Bagus Dan Indah Di Kebumen Jawa Tengah
Hutan Mangrove Logending (Foto : @ian_rivai7)
Tak kalah dengan pariwisata Cilacap dan Surabaya yang punya hutan mangrove, Kebumen pun juga mempunyai hutan mangrove yang anggun alami. Namanya yaitu Hutan Mangrove Logending yeng berada di sepanjang tepi muara Sungai Bodo, desa Logending.

Pemandangan hutan mangrove alami yang hijau tentunya akan menyegarkan mata kau kembali. Hutan bakau ini dikelilingi oleh serangkaian perbukitan Karst Gombong Selatan yang terlihat begitu gagah.

Nah, untuk melihat panorama indah tersebut kau sanggup menaiki gardu pandang yang telah di sediakan. Hamparan flora bakau, pantai, dan kawanan burung akan menjadi suguhan yang eksotis.

21. Alian Butterfly Park

tempat wisata yang paling bagus dan indah di Kebumen Jawa Tengah 35 Tempat Wisata Yang Paling Bagus Dan Indah Di Kebumen Jawa Tengah
Alian Butter Fly Park Kebumen (Foto : youtube.com)
Inilah tempat wisata yang wajib dikunjungi di Kebumen bagi kau pecinta kupu-kupu. Namanya Alian Butterfly Park yang mengoleksi aneka flora bunga beserta bermacam-macam jenis kupu-kupu yang konon kabarnya paling lengkap di Pulau Jawa.

Tak kalah dengan Butterfly Park yang ada di Bali, taman kupu-kupu Kebumen ini mengoleksi sekitar 60 jenis kupu-kupu hidup. Bagi kau yang ingin berkunjung kesini sebaiknya tiba pada pagi hari ketika kupu-kupu beterbangan menyapa bunga-bunga di sekitar taman.

Untuk menuju ke lokasi taman ini, kau cukup berkendara selama 30 menit dari sentra kota Kebumen menuju Desa Krakal, Kecamatan Alian. Alian Butterfly Park sanggup menjadi tempat liburan simpulan pekan kau bersama anak-anak, teman, dan keluarga.

22. Pantai Karang Agung

35 Kawasan Wisata Yang Paling Manis Dan Indah Di Kebumen Jawa Tengah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar